Categories
News

6 Keunggulan Kuliah di Universitas Manchester Inggris

Siapa diantara kalian yang menjadi penggemar sepakbola grup-grup liga eropa? Pastinya mengenal salah satu klub sepakbola yang cukup terkenal di jagat sepakbola eropa kan? Yaitu manchester united dan manchester city, nah kedua klub sepakbola ini sangat familiar di mata masyarakat Indonesia karena menjadi klub sepakbola ternama yang diidoalakan.

Sebut saja beberapa legenda yang pernah ada di Manchester United seperti pelatihnya sir Alex Ferguson yang mendapat bintang kehormatan julukan “sir” dari Kerajaan Inggris. Selain itu, bintang lapangan pada zamannya David Beckham dan juga Cristiano Ronaldo juga pernah merumput di Manchester United.

Baca Juga: Tips Mendekorasi Kantor

Kenapa manchester united dan manchester city begitu terkenal di Indonesia? Karena selain liga liga eropa yang sering ditonton oleh masyarakat Indonesia seperti Liga Champion yang menampilkan Manchester United dan Manchester City, ternyata di kota manchester sendiri terdapat stadium kebanggan mereka berdua yang dinamakan Stadium Sepakbola Manchester.

Inilah yang menjadi alasan beberapa masyarakat Indonesia untuk memilih studi di Universitas Manchester Inggris karena ingin melihat lebih dekat klub sepakbola kebanggaan mereka. Memang universitas manchester berada di lokasi yang sama dengan klub Manchester United dan Manchester City yaitu berada di kota Manchester.

6 Keunggulan Kuliah di Universitas Manchester Inggris

Pada artikel kali ini akan mengulas lebih detail dan lebih dekat universitas manchester di Inggris, universitas yang merupakan kebanggan warga kota manchester Inggris ini mempunyai beberapa keunggulan.

1. Gabungan dari 2 Universitas besar

Pertama, universitas di Manchester yang disebut dengan nama resminya “university of Manchester” ini pada tahun 2004 merupakan universitas hasil penggabungan antara institut sains dan teknologi Manchester dan Universitas Victoria di Kota Manchester, itu berarti Universitas Manchester inggris saat ini merupakan gabungan dari dua universitas besar di kota Manchester. Walaupun demikian, institus sains dan universitasnya sendiri telah berdiri sejak 1824.

2. Segudang prestasi

Kedua, prestasi dan peringkat universitas manchester sendiri sangat luar biasa, tentunya sangat jauh jika dibandingkan dengan universitas universitas di Indonesia misalnya. Karena rata rata universitas di Inggris raya, masuk ke dalam 100 atau paling tidak menjadi bagian dari 50 besar kampus terbaik di dunia.

Berikut prestasi universitas manchester Inggris sesuai dengan urutan tahunnya. Pada 2013, menduduki 30 besar dunia versi QS World University Ranking, sementara masuk 58 besar versi Times Higher Education.

Pada 2014 sendiri tetap bertahan di urutan 30 besar dunia versi QS World University Ranking, sementara menurut data dari Times Higher Education masih menempati posisi 52 besar dunia. Prestasi membanggakan justru dicatat universitas manchester saat berada dalam kurun 2015 hingga 2018 yang terus bertahan di angka 30 besar dunia. Tidak jauh beda dengan universitas universitas pada jajaran tengah di Inggris seperti universitas bristol ataupun sheffield bukan?

3. Memiliki jurusan-jurusan yang diminati

Ketiga, universitas manchester jurusannya juga terdiri dari jurusan-jurusan yang dibutuhkan di dunia kerja dengan pasaran internasional. Misalnya jika anda ingin berkarir di bidang ekonomi pada jenjang master maka universitas manchester inggris memiliki jurusan master business administration, master accounting, master in finance, master in business dan master in management

Yang artinya akan menjadi kunci anda untuk meraih kesuksesan di bidang ekonomi manajemen level internasional. Jurusan ini cocok bagi anda yang ingin berkarir di bidang akuntansi internasional, perusahaan publik ataupun lembaga pemerintahan.

Selain itu, universitas manchester juga memiliki beberapa jurusan yang bersifat humaniora sastra, misalnya mereka memiliki jurusan ilmu sosial, politik, bahasa sastra dan sejarah kemanusiaaan atau sejarah seni. Serta ilmu-ilmu dasar murni yang akan mencetak anda menjadi ilmuwan (pure science), atau ilmu ilmu dasar aplikasi yang mencetak anda menjadi tenaga terampil profesional, ilmu ilmu ini bisa dirujuk pada jurusan kimia, fisika, dan juga biologi.

Selain itu, Universitas manchester inggris juga memiliki jurusan di bidang teknik, baik di teknik murni maupun di teknik komputer. Bagi anda yang menginginkan mengambil jurusan teknik di universitas manchester inggris agar lebih cermat dalam melihat jurusan-jurusan yang ada, termasuk dengan kurikulum, desain tugas akhir hingga biaya dan juga pembimbing profesor yang akan menemani anda. Bukan rahasia lagi jika anak teknik bekerja lebih keras dibandingkan yang lainnya bukan?

4. Biaya Kuliah di Manchester Inggris

Keempat, biaya di universitas manchester tidaklah semahal kuliah di universitas-universitas di Kota London, hal ini karena walaupun kota manchester sama-sama menjadi kota besar di Inggris, tetapi tidak sesibuk dan seruwet kota London. Hal ini menjadi kabar baik buat kalian, karena dengan demikian biaya di universitas manchester tidaklah semahal di universitas cambidge atau universitas oxford misalnya. Karena mereka berdua termasuk universitas lima besar yang juga sama sama berlokasi di London yang menjadi kota besar, maka biaya kuliah di london biasanya satu kali lipat dibandingkan di kota manchester.

Biaya di universitas manchester tidaklah semahal London, termasuk biaya hidupnya juga. Karena di kota manchester masih banyak konser-konser musik murah, housing apartemen yang murah dan standar, serta biaya hidup yang bisa anda atur dengan masak dari bahan mentah yang anda beli sepekan sekali.

Mengurangi biaya transportasi dengan bersepeda juga bisa menjadi pilihan terbaik, karena di kota manchester tersedia jalur-jalur transportasi sepeda, bus, trem dan juga alat transportasi lainnya.

5. Memiliki Alumni yang terkenal

Kelima, siapa yang suka menonton film Sherlock Homes? Pastinya anda kenal dengan Benedict Cumberbatch bukan yang terkenal dengan gaya sok cool dan kerennya? Ya, dia adalah salah satu universitas manchester alumni yang pernah bersekolah di jurusan drama universitas manchester.

Pantesan aktinya di film sherlock homes begitu memukau.. nah, selain benedict cumberbatch, masih banyak alumni lain seperti alan turing, phil collins, vidi aldiano dan juga ed O’brien yang menjadi alumninya.

Beneran vidi aldiano penyanyi indonesia ini lulusan universitas manchester? Ya, benar sekali, vidi aldiano setelah lulus dari universitas pelita harapan pada 2012 kemudian melanjutkan studi di universitas manchester inggris. Wuih, keren kan, kamu pastinya mau juga?

6. Syarat Kuliah di Manchester Inggris Tidak Sulit

Keenam, syarat aplikasi dan cara masuk universitas manchester tidaklah sulit. Anda hanya disuruh melengkapi berkas yang dikirim ke the universities and colleges admission service (UCAS), sama seperti kebanyakan universitas di Inggris lainnya dimana formulir aplikasi pendaftaran diurus langsung oleh UCAS.

Nah, menariknya adalah universitas manchester memberikan anda kemudahan untuk menyampaikan beberapa hal yang kamu butuhkan jika kamu berstatus difabel atau mempunyai alasan kesehatan khusus. Misalnya anda membutuhkan pendamping, tutor, atau asuransi medis yang berkaitan dengan kondisi anda, maka mereka akan mencarikan dan membimbing anda jika diterima disana.

Nah, karena anda berasal dari Indonesia yang berarti bukan dari negara dengan berbahasa Inggris, anda diwajibkan melampirkan berkas kemampuan berbahasa inggris tingkat mahir tentunya. Nah, kira kira berapa skor yang dibutuhkan jika anda ingin masuk ke dalam universitas manchster, untuk skor IELTS berkisar antara 5,5 hingga 7. tentunya ini tergantung dengan jurusan masing-masing dan juga program sarjana atau master. Biasanya untuk sarjana hanya diminta 5,5 atau 6. sementara untuk master dan doktoral di atas itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *