Categories
News

Awas, Ini 8 Penyebab Anak Mimisan Yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Anak Mimisan – Mimisan atau pendarahan di hidung merupakan kondisi yang biasa terjadi pada anak-anak, khususnya usia di bawah 10 tahun.

Hal umumnya terjadi karena pembuluh darah pada lapisan hidung anak lebih rapuh dan mudah pecah, sehingga anak-anak lebih mudah terkena mimisan.

Biasanya mimisan tidak berbahaya, namun tentu saja pendarahan di hidung ini akan membuat orang tua khawatir dengan kondisi anak.

8 Penyebab Anak Mimisan Yang Harus Anda Waspdai

Lalu apa sih sebenarnya penyebab anak mimisan? Berikut ini beberapa faktor penyebab mimisan yang terjadi pada anak-anak

1.Cedera hidung

Penyebab anak mimisan yang pertama adalah cedera hidung yang dapat terjadi ketika anak anda terjatuh maupun menabrak sesuatu (benturan).

Cedera pada hidung bisa membuat pembuluh darah pada hidung pecah, sehingga darah mengucur melalui lubang hidung.

Nah, agar hal ini tidak terjadi pada buah hati anda, jangan lengah untuk mengawasi anak anda ketika bermain, sehingga terhindar dari risiko cedera.

2.Sering mengorek lubang hidung

Mengorek hidung atau mengupil merupakan salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan anak-anak, terutama pada usia 4-5 tahun.

Umumnya anak-anak mengupil untuk menghilangkan kebosanan atau juga karena keingintahuan akan adanya benda kecil yang ada dalam hidung mereka.

Tanpa disadari, tindakan ini bisa menjadi kebiasaan baginya. Padahal kebiasaan tadi bisa merobek selaput lendir dan pembuluh darah pada hidung, sehingga terjadilah mimisan.

Nah sebagai orang tua, kita juga harus bersikap cerdas untuk mencegah anak dar kebiasaan mengupil.

Misalkan saja kita berikan mainan kepada anak berupa mobil, bola, atau mainan lainnya sehingga bisa mengalihkan perhatian sekaligus menyibukkan tangan anak kita. Atau juga bisa kita ajarkan cara mengeluarkan lendir atau kotoran dengan memakai tisu.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi

3.Perubahan cuaca yang ekstrim

Saat ini, kondisi cuaca tidak bisa diprediksi dimana perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat.

Perubahan cuaca yang ekstrim, baik dari panas ke dingin atau sebaliknya bisa menyebabkan mimisan bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, terutama anak-anak.

Hal ini karena perubahan cuaca ekstrim bisa menyebabkan hidung sangat kering atau iritasi hingga lapisan dalam hidung mudah luka yang akhirnya bisa menimbulkan pendarahan pada lubang hidung.

4.Pilek

Infeksi pada saluran pernapasan, misalnya pilek juga bisa menjadi penyebab mimisan anak.

Sebab utamanya adalah pada saat flu anak membuang ingus terlalu kencang atau mengorek lubang hidung terlalu keras, hingga membuat bagian dalam hidung terluka.

5.Demam tinggi

Mimisan juga bisa terjadi disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh saat anak demam. Saat suhu tubuh naik, pembuluh darah akan melebar sebagai respon tubuh untuk meredam peradangan atau panas.

Pembuluh darah yang melebar tadi meningkatkan risiko terjadinya mimisan pada anak. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengatasi demam terlebih dahulu, maka mimisan otomatis akan berhenti.

6.Lelah fisik

Mimisan bisa terjadi ketika anak-anak terlalu lelah beraktivitas. Saat kelelahan, pembuluh darah anak yang lemah tersebut akan menegang sehingga mudah pecah hingga terjadi mimisan.

Disarankan untuk periksa ke dokter jika anak sering mimisan ketika mengalami kelelahan, karena dikhawatirkan mimisan ini merupakan gejala penyakit tertentu.

7.Stress

Meskipun jarang terjadi, tapi ada kemungkinan stress pada anak bisa menyebabkan mimisan. Ini bisa terjadi terutama bagi anak yang mengidap asma.

Stress yang dialaminya akan memicu asma kambuh, sehingga membuat pembuluh darah menjadi tegang. Akibatnya adalah pembuluh darah pada hidung anak yang masih rapuh tadi menjadi pecah dan terjadi mimisan.

8.Menderita gangguan pembekuan darah atau hemofilia

Hemofilia adalah kelainan yang terjadi ketika darah tidak bisa menggumpak sebagaimana biasanya akibat dari kekurangan protein pembekuan darah.

Tanda dari hemofilia adalah anak mengalami mimisan tanpa diketahui penyebabnya. Tanda lainnya, misalnya anak sering berdarah ketika sikat gigi. Hemofilia merupakan penyebab mimisan yang paling berbahaya. Bahkan mimisan pada anak tidak akan berlanjut sampai dewasa, kecuali mimisan yang disebabkan oleh hemofilia. Sehingga jika anda mendapati tanda-tanda hemofilia, maka anda harus membawa anak ke rumah sakit.

Semoga artikel mengenai penyebab anak mimisan tadi bermanfaat dan menginspirasi anda untuk berusaha menghindarkan buah hati anda dari penyebab mimisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *