Categories
Pendidikan

Mengenal Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman

Jerman dan Indonesia terpisah jarak ribuan kilometer. Secara geografis ribuan kilometer ini menentukan banyak perbedaan antara negara Jerman dengan negara indonesia, seperti dikutip dari Studiva.

Misalnya seperti perbedaan waktu Indonsia dan Jerman dan cuaca, keragaman suku bangsa serta tentunya menjadi perbedaan dalam masalah iklim.

Hal yang paling menentukan ketika anda memutuskan berpindah ke jerman untuk tujuan studi, bisnis, atau hanya sekedar wisata dan jalan-jalan.

Jerman merupakan negara sub tropis dengan empat musim, seperti musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.

Letaknya persis berada di eropa barat yang menjadi kawasan negara-negara maju seperti perancis, belanda, belgia dan austria serta inggris. Sementara negara negara eropa timur merupakan negara-negara baru yang bekas jajahan komunis dan belum memasuki fase negara maju.

Bandingkan dengan Indonesia yang berada di asia tenggara, berbatasan dengan malaysia, singapura, brunei, filiphina dan timur leste. Iklim yang berada di Indoensia pun hanya musim kemarau dan musim hujan saja. Jika anda ingin berpindah ke jerman.

Anda patut memperhitungkan kapan dimulainya musim tertentu di jerman. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi banyak hal, seperti perubahan waktu dan juga adaptasi ketika anda pertama kali ke jerman.

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman dan Cara Menghitungnya

Perbedaan jarak, suhu dan iklim ini juga berpengaruh kepada perbedaan waktu Indonesia dengan Jerman, selisih waktu jerman dengan indonesia sekitar lima jam di musim panas sementara akan menambah menjadi enam jam di musim dingin.

Perbedaan waktu ini dihitung antara waktu jerman dengan waktu indonesia barat. Jika anda tinggal di waktu indonesia tengah dan waktu indonesia timur anda tinggal mengurangi menjadi satu jam.

Cara menghitungnya sederhana, waktu Indonesia barat saat ini tinggal anda kurangi lima jam maka akan menjadi waktu jerman di musim panas.

Jika saat ini anda tinggal di jakarta saat pukul 12 siang. Maka di jerman saat itu pukul 7 pagi.

Jika jerman saat itu berada dalam musim dingin maka jerman mengalami pukul 6 pagi.

Perubahan waktu lima jam menjadi enam jam ini sudah menajdi hal umum di masyarakat jerman dan sudah di set setiap tahunnya. Bagi anda yang masih pemula datang ke jerman bisa anda sesuaikan.

Jika anda mencoba penerbangan langsung dari jakarta menuju frankfurt Jerman. Maka anda bisa menggunakan rumus perhitungan waktu di atas.

Rumus waktu ini bisa anda gunakan untuk menghubungi host atau penjemput di jerman saat mereka sedang sibuk atau tidak terlelap. Tidak lucu bukan saat anda di indonesia jam 6 pagi menelepon teman di jerman yang saat itu masih jam 1 malam? Tentu mereka masih tidur. Nah, perbedaan Indonesia dan jerman ini penting untuk anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *