Categories
News

Terong Ungu Bisa Dijadikan Makanan Lezat

Terong ungu adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang paling terkenal di Indonesia, bahkan dari Sabang sampai Merauke, dan entah itu pria atau wanita baik dari usia anak-anak hingga kakek nenek, semuanya sudah tidak asing dengan terong ungu.

 

Hal tersebut selain karena terong ungu mudah ditemukan karena pertaniannya yang banyak dijumpai di sekitar pemukiman, selain itu harganya yang relatif terjangkau, sehingga menjadi konsumsi semua lapisan ekonomi masyarakat, juga

 

Familiarnya terong ungu di lidah masyarakat Indonesia juga dikarenakan bahan ini mudah diolah dan dipadukan dengan bahan makanan yang lain.

 

Terong Ungu Bisa Dijadikan Makanan Lezat

 

Di rumah makan padang yang berdiri di mana-mana itu, terong ungu biasa dimasak menjadi makanan lezat seperti: terong balado, terong rebus, atau terong krispi. Beda lagi bagi kalangan mahasiswa yang biasa menjumpai terong ungu di warung ayam penyet sebagai menu tambahan bersama tahu dan tempe.

Terong sejatinya merupakan buah dari tumbuhan yang bernama latin solanum melongena. Dalam penjelasan ilmiahnya, terong berasal dari kerajaan Plantae, kelas Magnoliopsida, subkelas Asteridae, ordo Solonales, famili Solanaceae, genus Solanum, dan spesies S. Melongena.

 

Dalam pengucapan sehari-hari masyarakat Indonesia khususnya Jawa, buah yang dijadikan sayur-sayuran ini disebut “terong”.

 

Namun, sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia buah ini tercatat dengan nama “terung”. Meskipun kini sangat terkenal di Indonesia dan sekitarnya serta banyak pengembangan hibrida di berbagai negara, sebenarnya tanaman terong berasal dari India dan Sri Lanka. Kini, terong ada di banyak negara dengan berbagai jenis hasil pengembangan bibit.

 

Di Indonesia, terong atau terung memiliki banyak sekali jenis berdasarkan warna dan bentuk. Terong yang kerap ada di pasaran misalnya terong gelatik, terong putih, terong hijau, dan masih banyak yang lain.

 

Terong ungu merupakan satu dari sekian banyak jenis terong yang ada dan biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Seperti namanya, jenis terong yang satu ini memiliki kulit berwarna ungu. Ada pun bentuknya adalah panjang menyerupai timun.

 

Jika dibelah, maka akan terlihat bahwa terong ungu memiliki banyak sekali biji lunak yang aman bahkan bermanfaat untuk dikonsumsi. Terong yang satu ini memiliki tekstur lunak namun tidak mudah lembek sehingga menjadi pilihan untuk bahan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *